rezabdullah Seorang pemuda yang selalu tertarik dengan pembahasan seputar dunia teknologi. Saat ini menjadi founder di Wakdroid.com

5 Cara Masuk dan Keluar Fastboot Xiaomi Semua Tipe

2 min read

Fastboot Xiaomi

Bagaimana cara masuk dan keluar dari mode fastboot? pertanyaan yang cukup sering dicari oleh para pengguna handphone android. Sebelumnya, sudah kah kamu tahu apa sih istilah fastboot itu?

Singkatnya, fastboot merupakan sebuah tools yang terdapat pada sebuah perangkat android yang didalamnya terdapat fitur untuk melakukan partisi ulang, recovery, update system, dan masih banyak lagi.

Penyebab Xiaomi Fastboot

Pada beberapa perangkat handphone xiaomi ditemukan masalah dimana tiba-tiba perangkat tersebut masuk kedalam mode fastboot tanpa disengaja, penyebabnya bisa beragam, beberapa diantanya yaitu:

  • Sistem mengalami gangguan (firmware error) yang membuat sistem tidak bisa dimuat secara sempurna.
  • Terdapat masalah ketika proses pengisian daya.
  • Menekan tombol volume bawah ketika handphone dalam kondisi baru menyala.

Penyebab Terjadinya Fastboot Secara Berulang

Dalam beberapa kasus, ketika kita ingin keluar dari mode fastboot, ketika handphone menyala malah kembali masuk ke mode fastboot. Hal ini bisa terjadi ketika handphone xiaomi kita mengalami masalah bootloop.

Dikarenakan sistem mengalami gangguan sehingga tidak bisa memuat sistem operasi secara sempurna yang mengakibatkan membuka mode fastboot sebagai alternatifnya.

Untuk solusinya, kamu bisa melakukan flashing pada handphone xiaomi tersebut.

Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi

#1. Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara yang paling mudah untuk masuk ke mode fastboot xiaomi yaitu dengan menekan kombinasi beberapa tombol fisik pada handphone tersebut.

Berikut adalah caranya:

1. Matikan handphone.

2. Tekan tombol power + vol up secara bersamaan sampai muncul logo fastboot seperti gambar berikut ini dan kamu sudah berhasil masuk ke mode fastboot.

Cara Fastboot Xiaomi

Tetapi untuk beberapa tipe handphone xiaomi terdapat sedikit perbedaan cara untuk masuk ke mode fastboot, berikut adalah caranya:

1. Matikan handphone.

2. Tekan tombol power + vol up sampai tampil menu seperti gambar berikut ini. Lalu silahkan kamu tap pada tombol fastboot, dan kamu akan otomatis masuk ke mode fastboot.

cara masuk fastboot xiaomi

#2. Menggunakan CMD di Laptop

Untuk cara yang kedua ini memang agak lebih rumit dibandingkan yang pertama, namun untuk kamu yang senang mengoprek handphone android tentu hal itu bukan menjadi masalah.

Cara ini juga bisa menjadi salah satu solusi ketika kamu harus masuk ke mode fastboot tetapi tombol fisik pada handphone xiaomi tersebut rusak.

Beberapa hal yang harus kamu persiapkan:

1. Kabel USB.

2. Laptop dengan sistem operasi windows 7 ke atas.

3. Handphone dalam posisi sudah mengaktifkan mode USB Debugging dan OEM Unlock.

Beberapa tools yang harus kamu persiapkan:

1. 15 Seconds ADB Installer, berfungsi sebagai driver dan fastboot command untuk mengatur handphone xiaomi kamu.

2. Xiaomi Android USB Driver, berfungsi agar laptop bisa mengenali handphone xiaomi kamu.

Berikut adalah cara masuk mode fastboot melalui CMD:

1. Pastikan handphone xiaomi kamu sudah terhubung ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

2. Pastikan kedua tools diatas sudah kamu install di laptop.

3. Masuk ke folder c:\adb lalu tekan tombol shift + klik kanan di area kosong pada folder tersebut, lalu klik Open command window here.

fastboot xiaomi 4a

4. Selanjutnya kamu akan melihat sebuah window CMD baru terbuka, untuk memastikan handphone kamu sudah terkoneksi dengan laptop, silahkan masukkan perintah adb device pada window CMD tersebut. Jika berhasil kamu akan melihat pesan seperti pada gambar berikut.

fastboot xiaomi redmi 4a

5. Kalau kamu menemukan pesan seperti pada gambar berikut ini saat mengetikkan perintah adb device, silahkan berikan akses USB Debugging.

fastboot xiaomi 4x

6. Untuk memberikan akses USB Debugging, kamu akan mendapat notifikasi seperti gambar berikut, Silahkan berikan akses dengan menekan tombol OK.

cara mengatasi fastboot xiaomi redmi 4x

7. Untuk masuk ke mode fastboot, silahkan ketikkan perintah adb reboot bootloader dan handphone xiaomi kamu akan masuk ke mode fastboot secara otomatis.

Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi

#1. Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Selain bisa digunakan untuk masuk ke mode fastboot xiaomi, ternyata terdapat kombinasi tombol yang juga bisa untuk keluar dari mode fastboot tersebut.

1. Saat handphone xiaomi kamu dalam keadaan masuk ke mode fastboot, silahkan kamu tekan tombol power + vol bawah. Atau bisa juga dengan menekan tombol power saja selama beberapa detik sampai handphone mati.

2. Tunggu sampai handphone xiaomi kamu reboot.

3. Handphone xiaomi seharusnya sudah kembali masuk ke homescreen.

#2. Menggunakan CMD di Laptop

Kalau cara pertama masih belum mempan, kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini. Hanya saja kamu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan, sama seperti yang sudah disebutkan di cara masuk fastboot via cmd di atas, silahkan kembali scroll ketas.

Berikut adalah caranya:

1. Pastikan handphone xiaomi kamu sudah terhubung ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

2. Pastikan kedua tools diatas sudah kamu install di laptop.

3. Masuk ke folder c:\adb lalu tekan tombol shift + klik kanan di area kosong pada folder tersebut, lalu klik Open command window here.

4. Setelah window cmd sudah terbuka, silahkan kamu ketikkan perintah fastboot reboot. Handphone xiaomi kamu akan otomatis reboot dan masuk ke homescreen.

#3. Melepas Baterai

Kalau beberapa cara diatas sudah kamu coba tapi masih gagal, cara terakhirnya yaitu dengan melepaskan baterai handphone xiaomi kamu.

Setelah handhpone xiaomi kamu dalam keadaan mati, silahkan pasang kembali baterai tersebut lalu nyalakan handphone seperti biasa, dengan cara ini seharusnya kamu sudah berhasil keluar dari mode fastboot dan masuk ke homescreen seperti biasa.

Demikian beberapa cara masuk dan keluar mode fastboot xiaomi yang kamu bisa coba, kalau semua cara diatas belum berhasil juga, silahkan kamu melakukan flash handphone xiaomi kamu. Semoga bermanfaat.

rezabdullah Seorang pemuda yang selalu tertarik dengan pembahasan seputar dunia teknologi. Saat ini menjadi founder di Wakdroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close