Spesifikasi Asus Zenfone Zoom S : Miliki Kamera dan Daya Tahan Paling Oke!

Asus Zenfone Zoom S
Asus Zenfone Zoom S

Pada tahun 2017, di CES 2017, Asus meluncurkan smartphone terbaru mereka. Pertama dari perusahaan asal Taiwan tersebut menawarkan dual-camera. Pada saat itu Asus menyebutnya sebagai Zenfone 3 Zoom, merujuk pada kamera wide dan tele yang di milikinya.

Dan kini smartphone itu akhirnya hadir di Indonesia sebagai Zenfone Zoom S. pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang spesifikasi dari smartphone tersebut.

Desain Yang Elegan

Asus Zenfone Zoom S

Pada tahun 2015, Asus sempat menghadirkan smartphone Zenfone Zoom. Dan kini telah hadir Zenfone Zoom S yang artinya smartphone ini akan dipandang sebagai penerus dari smartphone tersebut. Tetapi dari segi desain, smartphone yang satu ini tampil berbeda dari Zenfone Zoom.

Justru smartphone yang satu ini memiliki desain lebih dekat dekat ke lini Zenfone 3, sehingga tidak heran kenapa Asus menyebutkan sebagai Asus Zenfone 3 Zoom di beberapa Negara.

Zenfone Zoom S ini memiliki layar 5.5 inc , dengan dimensi keseluruhan 154.3 mm x 77 mm x 7.9 mm. Dimensi ini membuat Asus Zenfone S memiliki ukuran yang kisarannya hamper sama dengan smartphone lain yang memiliki layar 5.5 inc.

contohnya termasuk Zenfone 3 ZE552KL. Jika di bandingkan dengan luas permukaan depan smartphone, layar dari smartphone ini menawarkan screen-to-body ratio sekitar 70%.

Bodi dari smartphone Asus ini berbahan metal dengan desain unibody. Bahan metal serta konstruksi bodi yang digunakan membuat Zenfone Zoom S ini terasa kokoh ketika saat dipegang, tetapi hal yang disayangkan adalah karena dengan bahan metal ini membuat smartphone ini terasa cukup licin ketika dipegang.

Bagian bodi sisi belakang ini tidak menutup dengan menggunakan Corning Gorilla Glass 2.5D seperti halnya Zenfone 3 ( ZE520KL / ZE52KL). Seperti kebanyakan smartphone Zenfone 3 pada umumnya, Zenfone Zoom S ini hadir dengan tombol navigasi fisik yang di tempatkan di bezel sisi bawah layar.  

Produk asus memilih tombol “Back” di sebelah kiri atau di sisi kiri dan tombol “Home” di tengah  dan tombol “Recent Apps“ di sebelah kanan atau disisi kanan.

Pilihan ini membuat tombol “Back” akan terasa sulit untuk di jangkau ketika pengguna mengoprasikan  smartphone dengan satu tangan dikarenakan posisi yang cukup sulit, yang disebabkan oleh ukuran smartphone yang cukup besar.

Dan juga kekurangannya ialah ketiga tombol ini tidak di lengkapi oleh lampu sehingga akan menyulitkan pengguna ketika berada pada keadaan yang gelap.

Dan untuk tombol “Power” dan “Volume Up/Dwon” di tempatkan asus di sebelah kanan smartphone, dengan tombol “Power” terletak di bawah tombol “Volume Up/Dwon”. Sementara di sisi perangkat, Asus menempatkan tray untuk SIM Card dan Micro SD.

Tray ini mengusung desain hybrid, sehingga pengguna harus memilih antara menggunakan dua Nano SIM Card atau Nano SIM Card dan satu Micro SD. Asus masih membawa konektor audio 3.5 mm untuk smartphone ini, yang di tempatkan atau berada di sisi bawah, dekat dengan port USB Type C.

Untuk bagian belakang asus menggunakan desain yang cukup jauh berbeda dengan beberapa smartphone lain dari lini Zenfone 3 untuk Zenfone Zoom S.  Salah satu hal yang membedakan atau menjadi pembeda adalah kamera utama, dimana smartphone ini menawarkan konfigurasi dual-camera.

Kedua kamera utama di Zenfone Zoom S di posisikan atau berada di area kiri atas sisi belakang, berdampingan secara horizontal, dengan dilengkapi dual-tone LED flash yang di posisikan sedikit ke bawahnya.

Posisi kamera di smartphone ini cukup berbeda dengan lini Zenfone 3, di mana Asus menempatkan kamera utama di area tengah agak ke atas sisi belakang.

Dengan diapit oleh sensor tambahan dan LED flash di kiri-kanan, dan juga fingerprint scanner di bawah. Tipe Zenfone Zoom S ini juga di sertai dengan fingerprint yang teradapat disisi belakang dengan posisi kurang lebih mirip dengan Zenfone 3, akan tetapi dengan bentuk rounded rectangle, bukan berbentuk persegi panjang seperti Zenfone 3.

Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone Zoom S

Asus Zenfone Zoom S

Asus Zenfone Zoom S ini memiliki spesifikasi Snapdragoon 625 dan octa-core Cortex a53 2.0 GHz, dengan GPU Adreno 506. Serta memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Jika merasa kurang memori bisa di perluas dengan Micro SD hingga kapasitas 256 GB. Tetapi hal yang di sayangkan ialah pengguna harus mengorbankan slot SIM 2.

Daya tarik yang lain dari smartphone ini ialah telah menawarkan layar AMOLED. Layar AMOLED 5.5” dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Resolusi ini adalah resolusi maksimal yang didukung oleh SoC Snapdragon 625. Jika layar AMOLED Seharusnya membuat smartphone ini menawarkan tampilan yang baik (prima).

Tetapi dikatakan bahwa optimasi layar AMOLED di smartphone ini sedikit kurang bagus atau kurang baik. Sehingga warna yang di hasilkan/di tampilkan cenderung tidak seperti tampilan layar AMOLED pada umumnya.

Untuk kamera selfie Asus Zenfone Zoom S ini dilengkapi dengan kamera beresolusi sensor 13 MP. Lensa yang digunakan cukup lebar yaitu 25mm. untuk kamera selfi memang tidak terlalu spesial dikarenakan tidak ada flash khusus dan juga autofokus.

Produk asus memilih untuk menggunakan screen-flash atau menyalakan layar di tingkat tingkat brightness tertinggi saat pemotretan.

Metode ini sebenarnya sangat efektif  menghasilkan pencahayaan yang rata dan natural. Sayangnya memang jarak dan intensitas cahayanya memang tidak akan sebaik flash sesungguhnya.

Sistem operasi yang digunakan pada asus Zenfone Zoom S adalah Android 6.0 Marshmallow dengan Zen UI 3.0. Belum ada yang update ke Android 7.0 Nougat untuk smartphone ini.

Kabarnya versi 7 akan segera datang untuk Zoom S. pada saat ini OS tersebut sedang dalam tahap pengembangan dan pengujian. Mungkin Produk Asus akan menyertakan beberapa peningkatan yang signifikan untuk fungsi-fungsi Zoom S pada OS versi 7-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Asus Zenfone 2 Laser

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Paling Lengkap

Smartphone Terbaik

5 Smartphone Terbaik Paling Banyak di Cari Tahun 2018